Tips Aman Beramain dan Bergaul di Facebook


Jangan terlalu lengkap memasang profil diri dan foto di facebook. Karena ini sngat mebahayakan. Salah satu contoh kasus yang telah terjadi dari beberapa tahun yang lalu, adalah peristiwa yang hilangnya seorang remaja bernama Marietta Nova Triani (14). Setelah sempat membuat uring-uringan keluarganya yang keluarganya yang merasa kehilangan, ternyata Nova kabur dengan pacarnya Febriani alias Ari (18) yang dikenal melalui facebook.
Nova yang berasal dari siduarjo dibawa kabur pacarnya saat Nova bertemu di perumahan BSD sejak tanggal 6 februari 2010 lalu. Nova dan Ari ditemukan polisi di jatiuwung tanggerang.
Mungkin Nova hanya satu dari sekian korban pergaulan kebebasan yang bermula dari perkenalan di facebook. Nah, agar kita tidak menjadi korban berikutnya maka ada baiknya kita ikuti aturan-aturan di bawah.
  • .       Jangan terlalu lengkap memasang profil atau data diri di facebook. Tentunya semakin lenkap profil/data diri terpasang, semakin mudah mendapatkan teman. Tetapi di sisi lain, semakin berisiko pula data diri kita disalah gunakan.

  • .        Jangan memasang foto-foto diri anda yang sekiranya anda sendiri tidak akan merasa nyaman apabila foto tersebut tersebarluaskan sevcara bebas. Ingatlah, walau foto tersebut hanya di posting di akun facebook anda, sebenarnya itu sama saja dengan menyebarluaskan foto tersebut kepublik. Sekali terposting akan tersebar, maka sangat sulit dan nyaris mustahil. Anda bisa mencabut foto anda di internet. Maka, selektiflah dalam berpose dan memposting foto Anda.
  •    Jangan sembarang add teman atau melakukan approval atas permintaan seseorang untuk menjadi teman anda. Cara memilah dan memilihnya mudah, yaitu lihat saja beberapa jumlah mutual temannya, berarti semakin sedikit teman-teman Anda yang kenal dengan dirinya, yang berarti semakin berisiko tinggi. Pastikan Anda hanya menerima pertemanan yang mutual temannya cukup banyak.
  •    Jangan sembarang tag photo. Bolehlah kita banci tagging, tetapi berupayalah lebih selektif. Artinya, sekali anda terjun ke facebook, rajin-rajinlah memeriksa keadaan sekeliling. Karena kita kadang menemukan foto diri kita yang diupload dan di tag orang lain, padahal kita tidak suka foto tersebut disebarluaskan. Segera saja kita untag diri kita dari foto tersebut dan kalu perlu minta teman kita yang melakukan upload foto tersebut untuk mencabutnya.
  • Jangan tunda-tunda, ketika anda menemukan data atau profil Anda digunakan oleh pihak lain untuk hal-hal diluar kontrol Anda, segeralah bertindak. Membiarkanya, justru akan membuatnya makin berlarut dan makin berdampak desktruktif, setidaknya untuk kenyamanan diri sendir. Laporkan langsung kepengelola layanan untuk segera mencabut informasi aspal (asli tapi palsu) tersebut. Atau, mintalah bantuan pada orang atau pihak yang sekiranya bisa atau paham bagaimana mengatasi hal di atas.
  • Jangan mudah termakan bujuk rayu orang yang baru anda kenal di facebook. Karena perlu anda ingat bahwa seringkli orang menyamarkan identitas aslinya didunia maya. Apa yang tampak didunia maya seperti facebook belum tentu cerminan asli perilaku diri didunia nyata. Bisa jadi orang yang tampak baik, sopan di facebook ternyata memiliki watak sebaliknya didunia nyata. Oleh karena itu sebaiknya berhati-hati dengan teman yang baru dikenal didunia maya.
  •      Hide e-mail address anda di profil facebook
  • .       Jangan percaya pesan dari orang yang kamu tidak kenal
  • .       Hati-hati jika online di warnet, ada sebagian warnet yang memasang keylogger dikomputer warnet tersebut, So hati-hatilah
  • .   Jangan lupa log out sehabis membuka suatu akun, semisal facebook dll.

Inilah sedikit tutorial yang saya bagikan, semoga bisa bermanfaat. Terkhusus bagi kita yang sangat cinta dengan yang namanya facebook.

Semoga bermanfaat terkhusus bagi anak muda jaman sekarang

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENYEMBUNYIKAN FILE ATAU FOLDER DENGAN CMD

Tips mudah membuat presentasi data dengan excel microsoft office

ZKPAD PROJECT