Jenis-jenis virus

Jenis-jenis Virus

·        Fasilitas Penyembunyi Ekstensi
Pertanyaan
Banyak firus menyembunyikan ekstensi file yang sebenarnya karena fasilitas sistem windows. Fasilitas apa yang di maksud? Bagaimana cara mematikanya?
Jawab
Microsoft windows mempunyaifasilitas menyembunyikan ekstensi file yang telah dikenalnya agar memberikan kenyamanan bagi penggunanya dalam melihat daftar file. Dengan adanya fasilitas tersebut, dokumen dengan nama explorer.exe hanya ditampilkan oleh windows dengan nama explorer saja tanpa exe dibelakangnya. Apabila fasilitas ini aktif maka dokumen bernama gadis.jpg.exe akan ditampilkan gadis.jpg saja jika pengguna melihatnya sebagai dokumen gambar berakhiran jpg maka akan berakibat fatal ketika file tersebut dibuka. Virus yang disusupkan kedalam file tersebut akan segera menulari sistem. Fasilitas ini dapat diaktifkan melalui windows explorer dengan memilih menu tools >folder options> view kosongkan tanda cek pada kotak pilihan hide file extensions for known file types.
Pertanyaan
Setelah teman saya mengistal program antivirus, komputer jadi susah digunakan untuk bekerja. Setiap kali muncul peringatan bahwa terdapat virus didalam komputer. Bukankah dengan adanya antivirus, virus yang ada didalam komputer dapat langsung dibersihkan? dapatkah pesan tersebut dimatikan?
Jawab
Antivirus yang aktif dalam sistem mempunyai prosedur kerja tetap, yaitu memeriksa adanya aktivitas sistem dari gejala-gejala mencurigakan. Jika ditemukan adanya virus yang dikenali maka ia akan memberikan peringatan. Pesan yang muncul hanya untuk memastikan tindakan yang akan dilakukan oleh antivirus telah disetujui oleh anda. Apabila program antivirus diberikan hak untuk menghapus virus secara otomatis maka file-file yang terinfeksi akan dibersikan dari virus, bahkan jika terpaksa file tersebut juga akan dihapus. Sebaiknya program antivirus tersebut jangan dimatikan. Baca dengannhati-hati pesan tersebut dan pilih tindakan/tombol yang sesuai dengan informasi yang muncul. Lakukan update data antivirus terbaru dari internet agar antivirus dapat lebih "pintar"mengenai virus.

·        Spyware Iklan

Pertanyaan
Ketika browsing, komputer saya sering kali kemasukan iklan sampai menutup sebagian besar layar monitor. Apakah kompuer saya sudah kemasukan virus?
Jawab
Jika kejadian tersebut, terjadi berulang-ulang dan pada alamat internet yang berbeda-beda maka ada kemungkinan komputer telah terdeteksi spyware. Spyware merupakan program yang disusupkan untuk memata-matai aktivitas pengguna atau menjalangkan kegiatan yang diingingkan oleh pembuatnya. Cara yang paling efektif adalah menggunakan program antivirus dengan data virus terbaru yang dapat di-update dari internet dengan data terbaru, virus dapat mengenali dan membersihkan spyware dengan lebih "pintar"

·        Browsing Nyaman Tanpa Virus
Pertanyaan
Banyak skali kasus virus menyerang melalui internet membuat saya jarang sekali menggunakan komputer rumah untuk aktivitas browsing. Adakah cara yang aman untuk membuat saya tetap nyaman melakukan aktivitas browsing dirumah?

Jawab
Cara yang paling sederhana adalah mematikan fungsi java dan javascript yang ada di masing-masing konfigurasi web browser. Umumnya trojan dan spyware memanfaatkan kelemahaan java dan javascript dalam web browser. Cara yang kedua adalah mengistal patch terbaru dari internet explorer atau web browser lain. Meskipun internet explorer atau web browser lain. Meskipun internet explorer dan browser lain telah mengeluarkan patch untuk menutup lubang keamanan tersebut, banyak pengguna yang tidak menggunakanya. Selanjutnya cara yang ketiga adalah memanfaatkan software firewal dari program antivirus yang dapat mencegah usaha penularan virus. Asalkan data virus yang digunakan selalu di-update, tingkat keamanan lebih terjamin.

·        Virus Trojan Horse
Pertanyaan
Satu minggu yang lalu komputer saya terpaksa harus diservis. Menurut teknisi yang menangani, komputer saya terkena virus trojan horse. Apa yang dimaksud dengan virus trojan horse dan bagaimana cara mengatasinya?
Jawab
Virus trojan horse adalah virus yang disusupkan melalui berbagai media, salah satunya adalah melalui email. Sama dengan sejarah kuda troya, jika kuda tersebut tidak dimasukkan kedalam kota maka pasukan musuh tidak dapat masuk untuk menyerang. Jika file yang mengandung virus trojan horse tersebut tidak anda jalankan maka virus tidak akan mengifeksi komputer anda. Dengan adanya antivirus yang terus diupdate secara berkala,sudah cukup untuk mengamankan komputer dari serangan virus tersebut. Namun, anda dapat berhati-hati dengan tidak sembarang menjalankan file yang di-attach dalam email. Periksalah terlebih dahulu kesalahaan file dari sang pengirim.



·        Error Pada Yahoo!Mail
Pertanyaan
Sudah 1 bulan laptop saya sering error untuk pemakaian Yahoo!Gmail. Terlebih lagi, tidak bisa mengirim mail, baik melalu menu compose ataupun jalur Reply. Apakah ini karena virus?
Jawab

Anda dapat mengaktifkan pilihan compose messages as plain text pada pilihan options > General preference > composing E-mails. Hal ini terjadi karena tidak adanya fasilitas java dalam sistem operasi. Apabila masih bermasalah, anda dapat memperbaiki masalah yang umumnya  terjadi pada internet Explorer ini dengan software yang dapat di download melalui http://windowsxp.mvps.org/IEFIX.htm. Selain solusi diatas, anda juga dapat menggunakan web browser lainnya, seperti firofox, netscape, atau yang lain.

·        Virus Pengubah File Doc
Pertanyaan
Bagaimana cara mengatasi virus dekil? Semua antivirus sudah saya coba, tetapi tidak di update. Bagaimana solusinya?
Jawab
Virus dekil atau W32.Decoy.A Merupakan jenis worm yang akan mengubah file word *.doc menjadi*.doc.exe pada komputer yang terinfeksi. Beberapa antivirus seperti sophos, AVG, dan norman antivirus, sudah dapat menangani virus ini. Namun anda harus menjalankan antivirus pada mode safe mode atau tekan F8 setelah komputer restart. Norman antivirus dapat download melalui http://www.norman.com/Download/Trial_versions/en-us.


·        Virus Pada File Instalasi
Pak noval, apakah ada kemungkinan sebuah virus mengifeksi sebuah file instalasi? Setelah men-Download software dari internet, saya scan file tersebut sebelum di pindah ke flash disk dan tidak di temukan virus. Selanjutnya file tersebut dibawa pulang dan diinstalasi di komputer. Sebelum proses instalasi, saya telah melakukan scan kedua kalinya dengan antivirus terbaru. Setelah software tersebut terinstalasi, saya mencoba melakukan scan lagi dan ternyata menangkap lagi dan ternyata menangkap beberapa file berbahaya di dalam komputer saya. Bagaimana cara mengantisipasi kasus tersebut?
Jawab
Teknik untuk melakukan komperasi dan enkripsi file-file berbahaya di dalam file instalasi sudah sering di temukan. Apabila teknik tersebut tidak atau belum dikenal oleh program antivirus maka file-file yang terkompresi tersebut tidak dapat dideteksi pada saat di scan. Untuk mengantisipasinya, selalu aktifkan program antivirus di memory agar setiap aktivitas virus dari file yang telah terintalasi dapat terdeteksi sebelum dijalankan.

·        Tidak Bisa Masuk Google
Jawab
Mengapa setiap saya masuk di situs google, tiba-tiba terbuka disitus yang lain. Awalnya komputer saya terkena virus. Apakah memang terkena virus?
Pertanyaan
Virus dari Flash Disk
Komputer saya baru saja terkena virus yang berasal dari flash disk (FD) teman saya. Saat itu AVG di PC saya belum di update. Masalahnya, sebelum virus itu di bersihkan saya sempat memasukkan FD saya yang sebenarnya bersih. Ketika di scan, folder-folder aneh itu bisa di bersihkan akan tetapi, semua folder saya yang lain ikut hilang, termasuk file-file saya yang ada di folder tersebut. Apakah ada cara untuk mengendalikan file-file saya di FD tersebut? properties, volume FD saya masih banyak, padahal folder-foldernya sudah terhapus semua. Sesudahnya saya ucapkan terimah kasih atas saranya.
Jawab
Pada dasarnya beberapa virus yang beredar saat ini hanyalah menyembunyikan file atau folder yang asli. Sementara itu file atau folder yang ditampilkan bukan file yang sebenarnya. Rata-rata file ang dihasilkan berakhiran dengan .EXE, namun tidak tampak karena fasilitas untuk menyembunyikan ekstensi file yang diaktifkan didalam sistem operasi windows.Sebaiknya mulai saat ini, matikan fasilitas untuk menyembunyikan ekstensi file melalui Tools > Folder Options dan pada View, pilih file extensions for known file types. Dengan begitu, meskipun virus menampilkan file dengan gambar ikon maupun nama yang sama, Anda dapat melihat dengan jelas jenis file tersebut. Untuk mengembalikan folder yang di sembunyikan, masuklah ke DOS prompt. Selanjutnya pindahlah ke drive yang di tuju. Sebagai contoh, ketikkan "E" Setelah itu ketik "dir /a untuk menampilkan semua folder yang disebunyikan. Jalankan perintah "attrib -s -h <nama folder>" untuk menghilangkan attrib system dan hidden yang melekat pada folder tersebut sehingga folder dapat tampil kembali.
·        Virus Flu Burung
Pertanyaan
Gan, saya punya problem dengan virus bernama Fluburung.A Berbagai antivirus telah saya gunakan, tetapi tidak mampan. Bagaimana solusinya gan?
Jawab
Firus fluburung.A merupakan firus komputer yang dapat menulari atau mengifeksi dokumen-dokumen microsoft word, seperti halnya virus lokal yang umum saat ini. Virus tersebut memiliki ikon yang sama dengan microsoft word dan memiliki ukuran sebesar 46.592 bytes. Dengan menyamarkan diri sebagai file word, padahal aslinya adalah file EXE, pengguna diharapkan menjalankan file tersebut dan akhirnya terinfeksi. virus ini dapat di bersihkan dengan ClamaV yang dapat diunduh melalui http://www.clamav.net. khusus untuk sistem operasi windows, dapat anda cari di alamat http://32.clamav.net.
Semoga bermanfaat Gan
Tamvan62.blogspot.co.id






Comments

Popular posts from this blog

CARA MENYEMBUNYIKAN FILE ATAU FOLDER DENGAN CMD

Tips mudah membuat presentasi data dengan excel microsoft office

ZKPAD PROJECT