Dasar jaringan komputer 6: perangkat keras jaringan dan media transmisi

Artikel kali ini anda bisa berkenalan dengan perangkat keras jaringan dan media transmisi yang digunakan dalam jaringan komputer, jadi pada artikel sebelum-sebelumnya kita selalu di berikan tulisan mengenai teori dasar.Sekarang saya akan suguhkan penjelasan beserta gambar agar lebih berwarna aritikelnya....

Sebelum lebih detail keperangkat kerasnya, saya jelaskan apa itu perangkat keras jaringan komputer? perangkat keras jaringan komputer yaitu sebuah peralatan fisik yang digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan, dengan tujuan berbagai data, informasi serta peralatan jaringan lainnya.

Berikut penjelasan masing-masing perangkat keras jaringan dan juga media transmisinya.

PERANGKAT KERAS JARINGAN
  1. NIC (Network interface card)
Perangkat keras yang satu ini mungkin lebih di kenal dengan sebutan lan card, perangkat ini bisa di pasang pada mainboard dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus MCA, bus EISA atau PCI Express. NIC juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCIMCIA, bus serial, bus paralel atau express card, untuk dapat meningkatkan mobilitas. 

 2. Modem
Modem yang merupakan singkatan dari modulator-modulator yang menghubungkan satu jaringan dengan komputer lainnya. Modulator adalah bagian yang mengubah suatu sinyal informasi kedalam sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan, dan demodulator adalah bagian yang bertugas untuk memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang di terima sehingga nantinya informasi tersebut dapat diterima dengan baik.  Kemudian ada beberapa jenis modem lainnya, seperti modem ADSL, modem (GSM/CDMA) USB, Modem satelit /VSAT.
3. Switch 
Merupakan sebuah device pada jarigan yang secara konseptual berada pada layer 2 (Datalink Layer) dan ada yang layer 3 (Network Layer). Maksudnya, switch mengirimkan data mengikuti MAC Addres NIC (Network Interface Card) Agar switch dapat mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima. Semakin banyak port yang tersedia pada switch, nantinya tidak akan mempengaruhi bandwidth yang tersedia disetiap portnya.

4. Router
Router merupakan salah satu perangkat yang penting pada sebuah jaringan yang lebih luas seperti WAN , fungsinya dari perangkat ini yaitu mengatur lalu lintas data pada jaringan, menuju device/komputer yang terkoneksi disana sesuai dengan tujuannya. Router juga berfungsi menjembatangi antar tiap kelompok jaringan tertentu, contohnya pada jaringan yang berbeda kelas IP atau berbeda subnet. 

MEDIA TRANSMISI 
Ada  tiga jenis kabel jaringan komputer berikut penjelasanya:
1. COAXIAL 
Kabel coaxial terdiri atas dua lapis tingkat isolasi kabel. lapisan pertama adalah lapisan kawat konduktor tembaga yang di lindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya untuk melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Kemudian pada bagian inti kabel untuk transfer data yaitu pada bagian tengahnya yang di lapisi dengan plastik sebagai pelindung akhir agar terhindar dari goresan kabel. Ada beberapa jenis kabel coxial yang lebih besar dari pada yang lain. Semakin besar kabel,  maka semakin besar kapasitas datanya, dan lebih jauh jarak jangkaunnya serta tidak terlalu sensitif terhadap interfrensi listrik.

2.  TWISTED PAIR
Twisted pair merupakan kabel jaringan yang terdiri dari beberapa kabel yang dililit berpasangan. Tujuanya dililit berpasangan untuk mengurangi induksi eloktromagnetik dari luar maupun dari efek kabel yang berdekatan. 
Kabel twisted juga ada dua jenis yaitu:

    1. unshielded twisted pair (UTP): Kabel yang biasa digunakan pada jaringan skala keciljuga murah dan mudah dipasang mempunyai perlindungan dari interfrensi listrik dan ditambah dengan impedensi yang konsisten. 
    2. shielded twisted pair (STP): Hampir mirip dengan kabel UTP hanya ukuran kawatya lebih besar dan dilapisi pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi.
 3. FIBER OPTIC
 

Kabel fiber/serat optik mengirim data dan cahaya/alser melelui kabel serat optik. Kabel serat optik berbeda dibandingkan kabel tembaga yang lainnya. kabel serat optik mempunyai kecepatan transmisi data tercepat dan lebih raliable, karena jarang terjadi kehilangan data yang disebapkan oleh gangguan interferensi listrik. kabel serat optik mempunyai ketebalan yang sangat tipis dan fleksibel sehingga lebih mudah dipindahkan dari pada kabel tembaga yang berat. 
Itulah tadi beberapa penjelasan perangkat keras jaringan dan media transmisi yang biasa digunakan, sebenarnya masih ada perangkat keras jaringan yang ada tapi, disini saya sebagian perangkat yang paling utama dan sering digunakan dalam sebuah jaringan komputer. 

Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua.....






Comments

Popular posts from this blog

CARA MENYEMBUNYIKAN FILE ATAU FOLDER DENGAN CMD

Tips mudah membuat presentasi data dengan excel microsoft office

ZKPAD PROJECT