Cara Mengatasi Laptop tidak Bisa Koneksi ke Internet

KOMPUTER TIDAK BISA KONEKSI KE INTERNET LEWAT WIFI

Banyak sekali tempat-tempat umum yang menyediakan hotspot gratis. Tak khayal kita pun kadang membutuhkan hal tersebut ketika modem sedang tidak bisa kita gunakan karena paket habis maupun faktor lain.

Nah, kadang saat kita melakukan koneksi ke hotspot tersebut ditemui beberapa masalah, diantaranya adalah status dari wifi laptop kita menunjukkan sudah konek,tetapi kita tidak bisa browsing atau mengakses internet. Untuk mengetahui dimana letak kesalahanya, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Langkah petama pastikan apakah ada tanda seru berwana kuning dibagian systray.Periksa apakah ada tanda seru di systray (pojok kanan bawah komputer) pada icon yang menunjukkan koneksi wirelles di laptop (lihat gambar dibawah ini). Jika ada segitiga berwarna kuning dengan tanda seru berarti anda sama sekali tidak bisa konek akses ke internet.
Bagaimana cara mengatasinya? ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • masuk ke kontrol panel, kemudian pilih network and sharing center.
  • Setelah klik pada (Change adapter Setting)
  • Lalu klik kanan pad "Wirelles Network Connection" dan pilih Propertis.
  • Klik dua kali pada internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

  • Setelah itu kita akan melihat sebuah window yang menampilkan detail IP addres pada komputer kita. (Lihat gambar dibawah ini)
  • Kosongkan semua kotak IP addres. caranya kita tinggal pilih "Obtain an IP addres automatically.". (sehingga hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.)
  • Setelah itu klik OK, lalu klik OK lagi.
Tunggu beberapa saat sehingga kita mendapatkan IP addres dari DHCP  server hotspot perhatikan icon wirelles connection yang ada dibagian systray. Jika tanda seru sudah hilang berarti laptop kita sudah tersambung ke internet.

2. Langkah kedua jika langkah pertama gagal, berarti ada masalah di wifi card di laptop kita. Biasanya yang sering terjadi adalahmasalah dari driver hardware tersebut. Solusinya dengan melihatnya di Device manager.

Berikut langkah-langkahnya:
  • Klik kanan pada My computer kemudian pilih manage 
  • Kemudian pilih device manager
  • Perhatikan pada bagian network adapters
  • Kemudian klik kanan pada hadware  wifi dilaptop kita, lalu klik uninstal
Tidak pelu khawatir, karena saat terdeteksi oleh sistem  driver secara otomatis akan terinstal kembali. Setelah itu klik kanan dan pilih scan for hardware changes agar sistem mendeteksi an mengistal ulang driver hardware wifi tersebut secara otomatis. Setelah selesai tutup Device Mnager, kemudian konekkan kembali dengan hotspot wifi. Koneksi internet kita akan kembali normal.

3. Langkah ketiga mungkin anda diserang oleh pengguna netcut. netcut adalah software pemotong koneksi saat kita sedang konek ke jaringan publik/umum seperti hotspot cafe dan lain sebagainya. ulah mereka sangat menjengkelkan. beikut gambar tampilan netcut di bawah ini.
Memotong koneksi kita berarti mempercepat koneksi mereka (sang penyerang) disini tidak saya jelaskan secara detail mengenai bagaimana program ini berjalan. Anda bisa mencari info mengenai "netcut " di google. Namun ada beberapa solusi yang bisa anda lakukan.
Berikut solusinya: 

  • Ganti IP anda, langkah mengganti IP yang sudah saya jelaskan di atas.
  • Gunakan software pelindung, seperti "anti netcut " dan "anti ARP".
Nah inilah langkah-langkah mengatasi masalah komputer/laptop tidak bisa konek ke wifi. Masih banyak troubleshoot lain.

JIKA ADA KEKURANGAN MOHON DI MAAFKAN




Comments

Popular posts from this blog

CARA MENYEMBUNYIKAN FILE ATAU FOLDER DENGAN CMD

Tips mudah membuat presentasi data dengan excel microsoft office

ZKPAD PROJECT